//
you're reading...
tips

solusi batik ala canting

Pengakuan batik di dunia Internasional mengakibatkan banyak daerah mulai mewajibkan pengunaannya baik dalam dunia pendidikan, pemerintahan maupun dunia usaha perkantoran.

Beragam kebijakan daerah mencoba mengarahkan masyarakat agar secara langsung maupun tidak langsung untuk mengusung dan menjunjung tinggi kebudayaan asli Indonesia tersebut.

Batik memiliki aneka ragam jenis baik dari bahan, pewarnaan, motif hingga proses pembuatannya. Beragam jenis tersebut tentunya berimplikasi pula pada bagaimana perhitungan biaya untuk membuat batik apalagi dalam porsi besar.

menyikapi hal tersebut, canting berusaha memberikan solusi mudah membuat batik untuk porsi besar, langkah tersebut antara lain adalah:

1. Tentukan Model pakaiannya.

Batik adalah salah satu dari fashion, tentunya nilai estetika perlu dipertimbangkan ketika batik harus digunakan sebagai pakaian. Keindahan motif dan ornamen akan lebih terlihat dengan model pakaian yang akan dibuat

2. Pilih motif dan ornamennya.

Dalam sebuah batik terdapat motif dan ornamen beragam serta memiliki makna tersendiri dari pembuatan motif/ornamen tersebut.

3. Pilih kain yang sesuai

Batik dapat diaplikasikan dalam beberapa jenis kain tertentu. Artinya tidak semua jenis kain dapat dengan sempurna digunakan sebagai dasar pembatikan. Biasanya penyedia layanan batik yang baik akan membantu menerangkan jenis kain yang akan digunakan

4. Pilih jenis pewarna dan teknik pembuatan

batik sangat bergantung pada pewarnaan dan teknik pembantikan. Untuk pewarnaan ada dua jenis yakni kimia dan alami. sedangkan teknik pembatikan terdapat beragam jenis yakni  tulis,cap, lukis, kombinasi, printing.

5. PIlih pengrajin batik yang bermutu

Setelah semua konsep tersebut dipikirkan, maka untuk mewujudkan kain batik dalam jumlah besar dapat menghubungi perajin batik yang bermutu dalam pembuatannya. Hal ini agar dapat didiskusikan mengenai berapa jumlah pengeluaran yang diperlukan.

Namun jika kiranya langkah tersebut terlihat rumit maka cukup dengan mendatangi produsen batik dan memilih pakaian yang telah jadi serta memesannya dalam jumlah banyak.hati-hati terutama ketika harus membedakan teknik pembuatan batiknya.

semoga artikel ini bisa membantu.

salam canting!

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

favorit

kalender

July 2010
M T W T F S S
« Feb   Aug »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

blog stats

  • 223,315 hits
%d bloggers like this: