//
you're reading...
info batik

pasar batik nusantara

semenjak ditetapkannya batik sebagai budaya nasional yang diakui oleh dunia internasional, pesona Indonesia sebagai negara batik kembali di dongkrak kejayaannya. Usaha tersebut terlihat dengan diresmikannya pusat pembelanjaan batik nusantara di Wilayah Thamrin City oleh Menteri Perindustrian Mari Elka Pangestudi daerah Jakarta Pusat.

Keberadaan pusat pembelanjaan Thamrin City diharapkan mampu mendongkrak iklim usaha para pengusaha batik lokal akan dapat terus tumbuh dan berkembang menghadai perkembangan global yang semakin pesat. Sasaran utama yang mendaji perhatian adalah iklim perdagangan bebas yang mengakibat beragam produk luar negeri yang dengan mudah masuk dan turut bersaing di pasar nasional.

Pusat Batik di Indonesia sebelumnya pernah dibangun di daerah yang sama yakni pusat perbelanjaan Sarinah. Konsep yang diusung relatif sama yakni sebagai lokasi penjualan aneka batik dan kerajinan. Nilai lebih Sarinah dibandingkan dengan THamrin City adalah tingkat kepercayaan yang dimiliki dari wisatawan asing.

Pusat batik lainnya juga pernah dibangun sebelumnya di sebuah kota Batik, Pekalongan yakni Pusat Grosir Setono. Sebuah pasar grosir terbesar dibangun untuk meningkatkan kembali potensi penjualan batik Pekalongan. Pusat Grosir tersebut menyajikan suasana dan fasilitas membeli batik dengan harga yang terjangkau masyarakat. Pembelian dengan jumlah eceran akan diberikan harga grosir sehingga kain batik menjadi lebih terjangkau dan semakin diminati masyarakat beragam kalangan.

Bagaimanapun cara dan langkah yang telah dilakukan untuk memajukan budaya batik tidak lepas dari peranan tiap individu masyarakat Indonesia. Rasa dan semangat untuk mencintai tanah air merupakan bahan bakar utama untuk dapat mendongkrak perkembangan produk domestik agar mampu bersaing dalam pasar bebas. Kreatifitas anak bangsa dan dukungan suspensi kebijakan harus dapat bersinergi positif agar menghasilkan iklim persaingan yang menguntungkan masayarakat Indonesia terutama dalam mendukung perkembangan batik. Kerajinan batik sangat potensial untuk terus diperkembangkan namun kunci tersebut sangat bergantung kepada kita sebagai generasi penerus perkembangan jaman.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

favorit

kalender

February 2010
M T W T F S S
« Dec   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

blog stats

  • 223,315 hits
%d bloggers like this: