//
you're reading...
info batik

welcome, batikphobia!

Asyiiik,,, akhirnya salah satu warisan budaya kita termasuk satu dari 76 seni yang telah diakui oleh United Nations Education Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Tetap pada 2 Oktober 2009 di Abudabi, Uni Emirat Arab sidang yang beranggotakan 24 negara selesai ditutup. Sidang yang berlangsung selama tiga hari telah melahirkan keputusan yang sangat bersejaarah bagi bangsa Indonesia hingga pemerintah pun menetapkan pada 2 oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Kegembiraan ini turut dirasakan oleh segenap bangsa Indonesia terutama para seniman maupun pecinta batik tanah air. Tak hanya itu, petugas Polda Metro Jaya pun tampil berbeda bertepatan dengan momen bersejarah ini. Bapak Ibu Polisi ini bertugas menggunakan seragam batik.Polisi berbatik terlihat di gedung Satuan Administrasi Satu Atap (Samsat) di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan (Jaksel). Petugas dari Dispenda, Jasa Raharja, serta personel polisi yang memberikan pelayanan untuk pembayaran pajak, mutasi, dan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) terlihat kompak mengenakan baju batik.

Kegembiraan mengenai ditetapkannya batik sebagai salah satu warisan budaya tak benda oleh UNESCO dirasakan pula oleh Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk berbusana batik pada hari yang sangat bersejarah ini. Hal serupa pun turut dirasakan oleh pemerintah DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengeluarkan Instruksi Gubernur No 136 Tahun 2009 tentang Pemakaian Baju Batik pada 2 Oktober 2009 dan Seruan Gubernur No 9 Tahun 2009 Kepada Masyarakat Jakarta (tentang hal yang sama). Instruksi dan Seruan Gubernur DKI itu disampaikan Deputi Gubernur bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Aurora Tambunan.

Tak kalah seru, beberapa objek wisata ternama di Indonesia turut merayakan kegembiraannya. Taman impian jaya Ancol memberikan dison sebesar 60% kepada pengunjungnya yang menggunakan batik mulai 5-9 oktober 2009 serta mengadakan Bazar Batik bekerjasama dengan Yayasan Batik Indonesia di Pasar Seni dan Dunia Fantasi. Kemudian Taman Mini Indonesia Indah juga memberikan potongan harga sebesar 50% kepada pengunjungnya yang mengenakan batik pada 2 oktober 2009.

Di Botani Square Bogor, pada 3 oktober 2009 dalam acara Pameran Etnik dan Budaya disediakan puluhan kain batik dan canting untuk workshop batik, para pengunjung bisa melukis secara gratis sejak pukul 14.00 sampai Sore. Peserta didominasi oleh para pelajar.

wow!! semuanya pake batik,, jalan-jalan pake batik, bisa dapet diskon, kapan ya kalo misal pake batik terus bebas tilang di jalan,,, he33,,

Discussion

2 thoughts on “welcome, batikphobia!

  1. majulah batik indonesia🙂

    Posted by arifrahmanlubis | October 8, 2009, 2:00 pm
  2. Hidup Batik🙂

    Posted by Icha | November 10, 2009, 10:30 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

favorit

kalender

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Dec »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

blog stats

  • 223,315 hits
%d bloggers like this: