//
you're reading...
corat-coret

kartini dan batik

” ibu kita kartini, Putri Sejati.., putri Indonesia.., harum namanya..”

saat mendengar lagu tersebut kita teringat beberapa tahun silam akan sesosok perempuan yang dengan gigih telah berusaha memperjuangkan perempuan-perempuan Indonesia untuk bangkit dan memperoleh hak dan perlakuan sama tertuma dalam pengenbangan diri pribadi.

atas jasa besar beliau, para perempuan indonesia menjadi lebih maju. mereka mampu berkompetisi dengan cakrawala yang luas dan wawasan yang patutu diperhitungkan. Perempuan bukan hanya berkelut di rumah saja namun mereka juga mampu berperan aktif di luar.

pada tanggal 21April, telah ditetapkan oleh Pemerintah kita sebagai hari dimana kita mengenang akan jasa-jasa beliau. ya.., hari Kartini.!! banyak beberapa daerah terutama jawa dan sekitarnya, perempuan-perempuan ikut berperan aktif dalam memeriahkan hari kebangkitan perempuan Indonesia. saya masih ingat dahulu ketika SD kami mengadakan lomba-lomba yang kebanyakan didominasi perempuan. Saat SMP dan SMA ada peragaan menjadi seorang kartini. Para gadis mencoba berpakaian adat dan berlenggok anggun dalam sebuah festifal yang mengasah intelijensia dan kepribadian. kebanyakan para gadis menggunakan pakaian kebaya batik dalam acara tersebut. Namun kenapa harus kebaya batik ya? apa gara-gara dahulu tren pakaiannya memang seperti itu?

kebaya batik memiliki nilai tersendiri bagi seorang perempuan. Masyarakat jawa memang sering mengartikan sesuatu dengan simbol-simbol. lantas bagaimana arti memakai kebaya batik bagi seorang perempuan?  kita coba mengupasnya satu persatu. menurut beberapa pendapat ada banyak makna yang pertama dalam pemakaian kebaya dengan motif batik ini mencerminkan bahwa perempuan Indonesia senantiasa mengikuti perkembangan zaman namun tidak meninggalkan jati diri/identitasnya. Kedua makna pemakaian jarik batik, terletak bagaimana cara jalan seorang perempuan yang memakainya dimana dia tidak bisa tergesa-gesa. Ini mencerminkan bahwa seorang wanita senantiasa berhati-hati dan bijaksana dalam menentukan tiap langkah dalam hidupnya. Tidak sembrono. yang terakhir makna pemakaina sanggul yang berada di belakang kepala menandakan bahwa perempuan tetap tegak dan tegar dalam menghadapi segala tantangan kehidupan tidak perduli seberat apapun.

Perempuan adalah mahluk luar biasa yang diciptakan Tuhan untuk menemani  pria  bersama  sama dalam kehidupan. Banyak dibalik tokoh-tokoh besar dunia ada seorang perempuan yang berperan.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

favorit

kalender

April 2008
M T W T F S S
    May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

blog stats

  • 223,315 hits
%d bloggers like this: