//
you're reading...
perkembangan batik

Sejarah dan Perkembangan Seni Batik Indonesia (part2)

  1. Mengenai hubungan Indonesia dengan China, terdapat dalam naskah prasaran Prof.M.Yamin pada kongres Ilmu Pengetahuan Nasional ke II, MIPI Tahun 1962 yang berjudul: Pertulisan Sriwijaya di kota Kanton (RRC) dari permulaan abad XI. Hal 8 dan 9 : “ dan pada ketika itu barang-barang tanda mata yang dibawa oleh para utusan Seriwijaya adalah Kemenyan, Gading, Air Mawar, Akar bahar, Cula Badak, Kristal dan lain-lain dan pemulangan hadiah dari Tionghoa kebanyakan terdiri dari emas, perak, kain sutera, barang tembikar, barang emas dan perak, benang sutera, pelana dan lain sebagainya”

“ Bila kita selidiki bahan-bahan sejarah pada zaman dinasti Sung, sebelum permulaan dinasti Sung Kaisar Sung Tai-tju (960 M), sampai Sung Ing-tjung antara tahun tjeping (1064-1067 M), Datu Seriwijaya, Ti-hua-tji-lo, telah mengirim saudaranya, The-lo-lo, sebagai utusan ketiongkok untuk mempersembahkan tanda-mata . Seriwijaya telah mengirim utusannya ke Tiongkok sudah lebih dari 10 kali, sedangkan saudagar yang datang membawa barang dagangan tidak terhitung banyaknya dan ketika itu saudagar Tiongkok yang singgah di Seriwijaya pun tidak kurang jumlahnya”.

  1. Mengenai pendapat tentang batik dan Pengaruh Hindu, Japer dalam buku De Batik Kunst (III), Mengutip pendapat de Javanen deze kunt van de Hindoes zouden hebben geleerd, is nog nooit door iemand berweerd”.
  2. G.P.Rouffaer dalam bukunya De batik-Kunst, Mengutarakan pendapatnya sebgai berikut
  1. asal mulanya batik jawa adalah dari luar, dibawa pertama oleh orang Kalinga dan Koromandel, Hindoe dimana permulaan sebagai pedagang, kemudian sebagai imigran-kolonisator sejak kurang lebih 400 AD, mulai mempengaruhi di Jawa
  2. perkembangan proses-lilin ( was prosede, wax-resist technique)dari Kalingga-Koromandel berjalan sampai pada periode Hindoe terakhir, yaitu zaman kerajan Daha di Kediri (lk 1100 – 1222 AD)
  3. Pada lk. 1400 AD, mulai terjadi perubahan dan pada lk. 1518 sudah meluas pengaruh islam di jawa, akibatnya perkembangan Batik Jawa menjadi bebas dan berdiri sendiri, peralihan jawa menjadi seni kerajinan, dengan kata lain sebagai langkah permulaan bahwa batik Jawa menjadi seperti keadaan sekarang ini coraknya bila dibandingkan secara analogi dengan seni kerajinan lama dari Pantai Selatan India pada lk. 1500 AD, di bawah pengaruh penganut Muhammad mulai ada perubahan terutama di Jawa Tengah.
  4. Pada perkembangan lebih lanjut di Jawa setelah ada pergantian pengaruh, seni batik jawa lebih ditekuni lukisannya sehingga lambat laun sampai abad 18-19 lebih dipelajari segi tekniknya dan mengalami kemajuan, mencapai puncaknya terutama di Jawa Tengah, seperti sebagaimana sempai sekarang ini, terkenal sebagai daerah batik terbaik karena kemampuan dan kekuatan orang jawa sendiri.
  5. Ciri umum motif batik jawa dan tipe ornament-ornamen jawa ada kesamaan, ini karena ada keadaan bebas berdiri sejak 1500 AD, Di samping itu pada perjalanan perubahan kadan kembali sampai th 1275 AD.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

favorit

kalender

April 2008
M T W T F S S
    May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

blog stats

  • 223,315 hits
%d bloggers like this: