//
you're reading...
lilin batik

lilin Batik

Lilin batik adalah bahan yang dipakai untuk menutup permukaan kain menurut gambar motif batik, sehingga permukaan yang tertutup tersebut menolak atau resist terhadap warna yang diberikan pada kain tersebut. Lilin batik ini bukan merupakan terdiri dari satu macam bahan, tetapi campuran dari berbagai bahan pokok lilin. Sebagai bahan pokok lilin misalnya adalah; Gondoruem, Damar, Matakucing, Parafin (putih dan kuning), Microwax, lemak binatang (kendal, gajih), minyak kelapa, lilin tawon, Lilin Lanceng.

Jumlah bahan pokok yang dipakai dan perbandingannya adalah bermacam-macam, menurut pemakaiannya dan pengalamannya masing-masing. Jadi lilin batik itu sudah merupakan kombinasi dari bahan-bahan pokok lilin. zaman dahulu dalam pembuatan batik, sebagai penutup kain menggunakan bubur dari ketan dan kain yang dibuat dengan cara ini disebut sebagai kain simbut. Nmaun setelah ditemukannya lilin cara seperti sudah tidak dipergunakan kembali.

Awal mula pemakainan lilin dalam proses penutup dakian saat membuat motif menggunanakan lilin dari tawon atau lanceng. Lililn dari binatang ini menurut orang jawa disebut dengan “malam”, maka lilin batik masih sering disebut pula malam batik. Karena pengalamannya, orang kemudian mencampur malam yang murni dai binatang sebangsatawon itu dengan bahan dari tumbuhan seperti Gondorukem dan Damar matakucing.

Kemudian untuk melemaskan dan menurunkan titik lelehnya ditambah lemak atau minyak, gajih binatang atau minyak kelapa. Pada proses pembuatan batik yang terkahir, seluruh lilin batik dihilangkan dengan kain tersebut dimasukkan ke dalam air panas, sehingga lilin batik tersebut lepas dan setelah air lorodan dingin liln batik menjadi beku kembali dan dapat diambil. Lilin yang diperoleh dari lorodan ini disebut “lilin bekas” atau lilin hitam karena warnanya kehitaman. Lilin bekas ini dicampurkan kembali pada pembuatan campuran lilin baru.

Discussion

One thought on “lilin Batik

  1. …..fiuuuuhhhhh….
    akhirnya ktm juga….
    setelah berdebat tentang warna backgroundnya…he333

    bener kan????
    katanya baru dikit???
    orang udh banyak bgt gn???(hipos yak???)

    btw, knp g disertain jg macam2 motif, contoh2 gambar motifnya????tp bs g sih??
    maksudnya, aq mw liat, bwt tugas UAS ku bsk…disuruh bkn gmbar di kain dengan motif yang lebih bervariasi…(cos motif yg kmren cm kawung doank….)

    Posted by chindy^.^ | April 19, 2008, 1:54 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

favorit

kalender

April 2008
M T W T F S S
    May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

blog stats

  • 223,315 hits
%d bloggers like this: