//
you're reading...
definisi umum, teknik pembuatan

Teknik Membuat Batik

Yang dimaksud dengan “teknik membuat batik” adalah proses-proses pekerjaan dari permulaan yaitu dari mori batik sampai menjadi kain batik. Dalam pembuatannya secara umum dibagi menjadi dua tahap yakni:

a. Persiapan, yaitu berbagai macam pekerjaan pada mori sehingga menjadi kain yang siap untuk dibuat batik. pekerjaan ini meliputi;

1. Nggirah ( mencuci ) atau Ngetel

2. Nganji ( menganji )

3. Ngemplong ( seterika, kalander )

b. Membuat Batik, yaitu macam-macam pekerjaan dalam pembuatan batik yang sebenarnnya dan pekerjaan ini meliputi 3 macam pekerjaan utama yakni;

1. Pelekatan lilin batik pada kain untuk membuat motif batik yang dikehendaki. Pelekatan lilin batik ini ada beberapa cara yakni dengan canting tulis, canting cap atau dilukis dengan kuas atau jegul. fungsi dari lilin batik ini ialah untuk resisit ( menolak ) terhadap warna yang diberikan pada kain dalam tahap berikutnya. Lilin batik adalah campuran dari unsur-unsur lilin batik yang pada umumnya terdiri atas Gondorukem, Matakucing, Parafin atau Microwax, Lemak atau minyak nabati dan kadang ditambah lilin dari tawon atau laceng.

2. pewarnaan batik, dapat dilakukan dengan cara dicelup, coletan/ lukisan (painting). Pewarnaan dilakukan secara dingin ( tanpa pemanasan) dan zt warna yang dipakai tidak hilang warnanya saat pengerjaan menghilangkan lilin atau tahan terhadap tutupan lilin.

3. menghilangkan lilin, proses menghilangkan lilin yang melekat pada permukaan kain. Menghilangkan lilin dilakukan pada tempat-tempat tertentu dengan cara ngerok (ngerik) atau “melorod”/ngebyok,mbabar yakni menghilangkan secara keseluruhan

dengan tiga macam proses utama tersebut orang dapat membuat batik dengan berbagai macam teknik. dewasa ini ada beberapa tekni dalam pembuatan batik yakni:

1. proses kerokan

2. proses lorodan

3. proses bedesan

4. Proses radion

5. Proses lukis/ batik kreasi baru

About these ads

Discussion

10 thoughts on “Teknik Membuat Batik

  1. bravo u kurikulum pembuatan batik.kebetulan kita di Kampoeng Batik Laweyan juga mengadakan kursus pembuatan batik dari mori sampai jd macam-macam kerajinan.harapan kami bisa tukar informasi ataupun yg lainnya.nuwun

    Posted by lutfi laweyan | April 20, 2008, 3:31 am
  2. Pada proses pembuatan batik, poin utamanya pada pewarnaan, kalu nyanting sendiri bisa disebut keahlian, jadi semakin sering nyanting semakin mahir. untuk pemula seperti saya, proses membatik yang tersulit adalah di pewarnaan. ada yang bisa bantu?

    Posted by arum_sept | May 5, 2008, 3:48 am
  3. dalam pewarnaan batik ada beberapa hal yang diperhatikan yakni malam yang dijadikan sebagai resisten harus benar2 menutup pola yang dicanting agar pada saat pewarnaan lebih terfokus atau warna tidak menyebar. Kemudian obat batik yang digunakan sebisa mungkin menggunakan high quality agar lebih optimal serta takaran yang dipakai harus tepat tidak terlalu kental maupun encer. pewarnaan pola yang kecil dapat menggunakan kuas dan jika dalam bidang yang cukup luas dapat dilorod.
    dalam pewarnaan dibutuhkan ketelitian dan ketenangan terutama dalam mewarnai pola yang relatif kecil agar tidak melebar karena akan sangat sensitif.

    Posted by singgih27 | May 7, 2008, 3:34 pm
  4. thank infonya …

    Posted by Eka | April 15, 2009, 3:41 am
  5. hi

    untuk temanteman yg mengetahui tempat kursus membatik di jogja.
    atau di solo mohon informasi alamat dan nomer yg bisa di hubungi dong, thanks ya .
    endang.

    Posted by endang | May 6, 2009, 2:36 am
    • klo mnurutku lbh baik belajar memasarkankanya dri pd kursus batik mba endang.. jd seorang wiraswasta sperti saya cuapek bngtsi tenaga pikiran ngurusin karyawan.. asmara sja sampe terabaikan.. hehe..

      Posted by amar | July 16, 2009, 3:49 pm
  6. hehe

    Posted by amar | July 16, 2009, 3:51 pm
  7. saya ingin sekali ada orang yang tulus memberikan pelajaran cara pewarnaan batik karena selama ini hasil pewarnaan yang saya lakukan masih sangan tidak memuaskan sampai-sampai saya begitu melihat hasil akhir dari pewarnaan itu ingin menangis dan hampir putus asa.

    Posted by suliono | August 6, 2009, 11:29 am
  8. semoga komentar saya ini menggugah para kreator batik dan dapat mengundang saya untuk menimba ilmu tentang pewarnaan batik.

    Posted by suliono | August 6, 2009, 11:30 am
  9. aku dapat tugas membatik dari kampus, tapi cara pewarnaannya itu yang sulit. bikin nangis…..

    Posted by RAFIKA SYAMSU | January 25, 2010, 7:57 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

favorit

kalender

April 2008
M T W T F S S
    May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

blog stats

  • 173,941 hits
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: